Recents in Beach

header ads

Resep Kue Lumpur Lapindo Pandan Vla, Enak Lembut dan Lumer di Mulut - Wisata Kuliner Indonesia

Resep Kue Lumpur Lapindo Pandan Vla, Enak Lembut dan Lumer di Mulut


Kue lumpur lapindo adalahsalah satu jajanan tradisonal yang mempunyai nama menarik yang tidak banyak nyleneh. Entah apa yang menciptakan kue lembut nan nikmat ini di beri nama demikian. Yang jelas populernya nama kue lumpur lapindo hadir setelah musibah lumpur lapindo di Sidoarjo Jawa Timur tempo dulu.

Berdasarkan keterangan dari saya kue ini nyaris sama dengan Resep Kue Lumpur Kentang Pandan Lembut yang sejumlah waktu kemudian saya bagikan. Cuma bedanya guna kue lumpur lapindo lebih tidak banyak basah dan topping nya lebih lembut dan lumer di mulut saat di makan. Berbeda dengan kue lumpur kentang atau kue lumpur tanpa kentang yang kue nya tidak banyak lebih padat dengan isian yang lebih padat pula.

Jika di lihat sekilas, tampilan kue lumpur lapindo nyaris sama dengan kue nona manis pandan. Yup, kue ini sama-sama bewarna hijau dengan topping vla yang lumer. Hanya saja guna kue nona manis kue nya lebih tebal dan vla nya memakai vla santan. Berbeda dengan kue lumpur lapindo yang mempunyai kue lebih tipis dan dapat menggunakan topping vla favorit. Mulai dari vla susu, fla santan, vla coklat serta vla vanila.

Kue Lumpur Sidoarjo Pandan Vla
Banyaknya penyuka kue lumpur lapindo, tidak sedikit pula yang mengkreasikan topping nya dengan bahan-bahan favorit. Mulai dari meises coklat, chocochip, keju, potongan buah nangka, kelapa muda, cherry, kurma, kismis dan masih tidak sedikit yang lainnya. Penambahan ragam taburan ini menciptakan kue lumpur semakin enak dan istimewa. Kalau saya sih lebih suka gunakan meises coklat saja bun, biar irit dan hemat tapi enak eheheh 🙂

Tahu tidak bun, sebelum familiar dengan sebutan kue lumpur lapindo pandan vla, kue ini di sebut kue mangkok dadar vla loh. Mungkin sebab kue lumpur bentuknya sepeti mangkok kecil, jadi di namai kue mangkok. Yah apapun tersebut yang jelas kue ini super endessssss bun! Yah sesuai lah guna camilan di lokasi tinggal yang murah meriah.

Kalau terdapat acara-acara special kue ini juga sesuai loh bun disajikan guna kudapan. Misalnya guna acara ulang tahun, arisan, meeting, pengajian, kumpul family atau guna isian snack box pun oke. Kalau guna isian snack box memang rada ribet ya, soalnya vla nya dapat meleber kemana-mana, jadi mesti dibalut dengan plastik dulu

Bagi yang penasaran bakal rasa kue lumpur lapindo vla dan malas mencarinya di penjaja kue atau bakulan. Mending bikin sendiri saja di lokasi tinggal yuk! Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Lumpur Lapindo yang gampang dan praktis guna di coba. Mari di simak..

Bahan-bahan Kue :

  • Terigu 200 gram, ayak
  • Telur 2 butir
  • Santan 400 mili liter (saya gunakan 1 bungkus santan kara + air)
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Margarin 1 sendok makan, lelehkan
  • Garam tidak banyak saja
Bahan Vla :
  • Santan atau susu cair 500 mili liter
  • Tepung maizena 50 gram
  • Gula pasir 130 gram
  • Daun pandan 2 simpul
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Taburan :
  • Meises Coklat / keju / buah nagka dll cocok selera
Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo Pandan :
  1. Kue Lumpur : Pertama-tama masukkan gula dan garam ke dalam santan hingga larut. Kemudian siapkan tepung terigu dalam wadah, masukkan larutan santan, aduk bahan hingga rata, sampai tidak terdapat yang bergerindil. Masukkan telur dan terakhir masukkan margarin cair, aduk kembali hingga rata. Saring adonan supaya benar-benar menemukan adonan yang halus tanpa terdapat yang bergerindil.
  2. Selanjutnya panaskan cetakan kue lumpur dengan memakai api paling kecil. Masukkan 1 sendok sayur ke dalam cetakan, bikin mangkuk. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Vla : Aduk seluruh bahan hingga tercampur dengan rata, masak hingga adonan mengental dan meletup-letup.
  4. Langkah selanjutnya isi mangkuk kue dengan vla. Tuang vla nya pas masih panas ya bun untuk yang memakai vla susu. Kalau gunakan vla santan tuanginnya pas dingin saja tak apa. Taburi meises coklat, selesai.

Hasil mangkok kue lumpur Sidoarjo nya enak banget, renyah dan gurih manis gitu. Saya saja berakhir sampai 3 biji masa-masa icip-icip. Oh iya, resep kue lumpur lapindo pandan ini menghasilkan selama 30 porsi kue lumpur. Kalau hendak membuatnya lebih tidak banyak atau lebih tidak sedikit silahkan atur bahan-bahan yang dipakai sesuai kebutuhan.

Untuk menciptakan kue ini mesti menggunakan pertolongan cetakan ya walaupun terdapat versi kue lumpur kukus. Jadi yang belum punya cetakan kue lumpur silahkan cari di TBK (toko bahan kue) atau di penjaja alat-alat lokasi tinggal tangga terdekat.

Selamat mengupayakan dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Lumpur Lapindo Pandan Vla, Enak Lembut dan Lumer di Mulut. Jika di rasa berfungsi jangan tak sempat share ke teman-teman bunda yang lainnya ya, makasih bund 🙂

0 Comments:

Posting Komentar