Recents in Beach

header ads

Resep Bakpia Pathok Khas Jogja Isi Kacang Hijau - Wisata Kuliner Indonesia

Resep Bakpia Pathok Khas Jogja Isi Kacang Hijau


Kue Bakpia (Resep Kue Bakpia Pathok Khas Yogyakarta) : Kue Bakpia sebenarnya ialah adalahsalah satu kue pia, adalahkue yang dikenal berasal dari Yogyakarta. Di yogyakarta sendiri Bakpia terdapat di mana mana, sebab memang di Jogja kue ini dijadikan oleh-oleh di sekian banyak  tempat pariwisata di jogja.

Bakpia sebetulnya sudah ada semenjak jaman dahulu kala, dan sampai ketika ini variasi nya telah banyak, mulai dari bakpia isi kacang ijo, bakpia isi parutan kelapa, bakpia ubi ungu, dan masih tidak sedikit lagi. tetapi tetap bakpia isi kacang hijau lah yang sangat terkenal dan tidak sedikit diminati oleh masyarakat.

Nah untuk Anda yang ketika ini penasaran dengan rasa kue bakpia tersebut, kita tidak butuh datang ke Jogja guna menikmatinya. sebab Anda dapat buat sendiri resep bakpia pathuk dengan isi kacang ijo. atau bila kamu kueang telaten membuatnya kamu bisa langsung pesan ke Raja kue,
Asal muasal bakpia di Indonesia ternyata ada sebab dibawa oleh orang-orang Tiongkok yang berdagang di Indonesia. Dalam bahasa Tiongkok, bakpia merupakan campuran dari dua kata, yaitu bak yang berarti daging dan pia yang berarti kue.

Yaa jadi secara harfiah bakpia dapat ditafsirkan sebagai kue yang mengandung daging. pada jaman dahulu kala orang-orang Cina seringkali mengisi bakpia ini dengan daging babi. kue Bakpia di cina dapat disebutkan sebagai versi kecil dari bakpao yang pun sama-sama memakai daging sebagai isinya.
Dengan rasanya yang enak serta bentuknya yang imut menciptakan masyarakat Indonesia pun mulai menyenangi kue bakpia ini. Namun anda mengetahui banyak sekali masyarakat Indonesia beragama Islam, kesudahannya daging babi yang menjadi isi bakpia tidak sedikit diganti dengan kacang hijau sampai sekarang.

Dan di antara jenis bakpia yang sangat terkenal ialah bakpia pathok. Bakpia itu berasal dari wilayah Pathok yang terletak di Yogyakarta.

Bahan-Bahan Bakpia Pathok Isi Kacang Hijau :
Untuk menciptakan Bakpia, guna mudahnya Bahannya bakal kita untuk menjadi dua, yaitu bahan utama dan bahan isiannya. Nah, guna bahan utamanya ialah sebagai berikut:
Bahan utama bakpia:
  • Tepung terigu sejumlah 100 gram
  • Garam lumayan dengan selama 1/4 sdt
  • Air putih matang sejumlah 25 ml
  • Minyak sayur seandainya 25 ml
  • Bahan guna isian bakpia:
  • Kacang hijau sejumlah 125 g, kupas, rendam 3 jam, dan kukus lunak
  • Vanili bubuk seandainya 1/2 sdt
  • Gula halus sejumlah 100 gram
  • Garam selama 1/4 sdt
Cara Membuat Bakpia Isi Kacang Ijo :
  1. Langkah mula setelah seluruh bahan siap, ayo kita menciptakan isiannya terlebih dahulu. Caranya ambil kacang ijo yang sudah direbus sebelumnya dan kupaslah selagi masih hangat. Letakan kacang ijo yang telah di kupas itu dalam suatu wadah dan campurkan dengan bahan-bahan laksana vanili bubuk, gula halus, serta garam.
  2. Lalu aduk-aduk kacang hijau bahas dengan bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Selanjutnya ambil adonan sejumlah satu sendok teh, kemudian bulatkan adonan calon isi ku bakpia tersebut. Lakukan tahapan tersebut sampai semua adonan guna isianya habis. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya anda akan menciptakan adonan kulit bakpianya. Terlebih dahulu campurkan tepung terigu, garam, air, dan minyak sayur. Bahan-bahan itu campur secara merata dan uleni hingga dapat dipulung. Setelah tersebut ambil sejumput adonan itu dan format sebesar kelereng bikin sampai adonannya sampai habis.
  4. Nah bila kulit dan isi bakpia nya telah siap kita bermukim memasukan adonan isi ke adonan kulit bakpia. Bagi memasukannya, ambil adonan kulit bakpia terlebih dahulu dan pipihkan. Pada unsur tengah adonan itu letakan bulatan isi, lantas tutup pulang dengan menyatukan adonan kulit tersebut, kerjakan sampai kulit bakpia dan isi bakpianya habis.
  5. Setelah tersebut siapkan oven atau pemanggang, dan panggang adonanBakpia tersebut sampai berwarna kuning kecoklatan selama tidak cukup lebih 10 menitan (tergantung oven anda). Usahakan bolak-balik bakpia tersebut sekitar proses pemanggangan supaya matang secara merata.
  6. Kini bakpia spesial siap guna disantap. Jika kulit bakpianya terasa tidak cukup lembut, maka setelah diusung dari oven Anda bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik atau di dalam wadah yang rapat. Diamkan selama sejumlah saat sampai kulitnya menjadi halus.
  7. Dan Bakpia kita siap di hidangkan bareng minuman kesenangan anda, atau bisa di hidangkan bareng keluarga atau dengan tamu istimewa Anda
  8. Bila kita Ingin mencoba menciptakan Bakpia dengan variasi yang beda Anda bisa sekaligus mencoba menciptakan kue Bakpia dengan resep yang berbeda, supaya Anda dapat merasakan mana resep Bakpia yang sesuai dengan selera Anda.

0 Comments:

Posting Komentar