Recents in Beach

header ads

Kuliner Khas Makassar - Wisata Kuliner Indonesia

Wisata Kuliner Indonesia
Kuliner Khas Makassar

SULAWESI SELATAN mempunyai santapan kuliner yang khas dan nikmat. Setiap kali mudik ke Makassar, saya tak pernah melewatkan sedikitpun mencicipi hidangan-hidangan khas disana yang sungguh mengelus lidah dan menggugah selera. Berikut ini saya sajikan sebanyak masakan khas Sulawesi Selatan/Makassar yang saya sarikan dari website Kota Daeng.

1. Coto Makassar


Hidangan ini ialah salah satu “trade mark” kuliner Makassar berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar yang terdiri dari usus, hati, otak, daging sapi atau kuda, dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang telah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada lazimnya Coto Makassar disajikan/dimakan bareng ketupat. Saat masih bermukim di Makassar dulu, hidangan ini sering saya makan terutama saat sedang sakit flu/pilek.

Dijamin, bila dicicipi dengan sambal pedas ketika kuah coto dicium sembari mengunyah ketupat, maka penyakit pilek bakal “bablas” bareng peluh yang mengucur. Coto Makassar yang lumayan terkenal di Makassar ialah yang sedang di Jalan Gagak.

2. Sop Konro


Hidangan ini berupa sop berkuah maupun dihanguskan dengan bahan-bahan dasar laksana tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang telah dihaluskan. Sop Konro pada lazimnya disajikan/dimakan bareng nasi putih dan sambal.

3. Pisang Epe

Makanan khas wilayah Sulawesi Selatan ini tercipta dari pisang kepok yang mengkal, dihanguskan dan dipipihkan. Pisang Epe’ disajikan dengan kuah air gula merah yang seringkali telah dibaur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangunkan selera. Biasanya penjaja Pisang Epe’ kerap didatangi di pesisir Pantai Losari. Sangat enak dinikmati sembari menikmati desir angin laut yang menerpa lembut disisi pantai



4. Es Pallubutung



Hidangan ini tercipta dari pisang yang telah dipotong-potong, dimasak dengan santan yang diberi tepung terigu, gula pasir, vanili, serta tidak banyak garam dan disajikan dengan es serut dan sirop merah.







5. Es Pisang Hijau


Terbuat dari pisang raja, dibalut dengan tepung terigu yang telah diberi santan dan air daun pandan sebagai pewarna dang pengharum sampai-sampai berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut dan sirop.







6.  Sop Saudara

Masakan ini terdiri dari sop berkuah dengan bahan-bahan dasar laksana daging sapi/kerbau yang dimasak dengan ragam bumbu dan disajikan bareng nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai ekstra lauknya.Nikmati makanan ini disekitar jalan DR. Wahidin Sudirohusodo


7. Barongko
 
Barongko ialah makanan penutup khas wilayah Bugis-Makassar yang diciptakan dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu paada masa pemerintahan kerajaan di Sulawesi Selatan, Barongko adalahmakanan penutup yang mewah, dan melulu disajikan guna Raja-raja, dan disajikan pada moment-moment tertentu, laksana acara perkawinan, ulang tahun, dan lain. lain. Untuk meningkatkan cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko seringkali ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda.

Nah, silakan mengupayakan tantangan kuliner asal Sulawesi Selatan yang eksotis ini!

0 Comments:

Posting Komentar