Recents in Beach

header ads

Lezat dan Enak, Inilah 7 Makanan Khas Kalimantan Timur - Wisata Kuliner Indonesia

Wisata Kuliner Indonesia
Lezat dan Enak, Inilah 7 Makanan Khas Kalimantan Timur

Sama dengan provinsi lainnya di Indonesia, Kalimantan Timur pun memiliki sejumlah makanan khas tumpuan yang soal rasa pastinya tidak kalah enak dan lezat dengan kuliner khas provinsi lainnya di Indonesia.

Kebanyakan makanan khas Kalimantan Timur diprovokasi oleh perpaduan antara kebudayaan suku pribumi Kalimantan Timur laksana suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang laksana suku Banjar, Bugis dan Banjar.

Jadi, andai kamu sedang jalan-jalan ke Kalimantan Timur, tidak cukup lengkap andai belum menyantap makanan khas tumpuan provinsi dengan ibukota Samarinda ini. Lantas, makanan khas apa saja yang jadi tumpuan Kalimantan Timur? inilah ulasannya

1. Nasi Kuning



Nasi Kuning ialah salah satu jenis varian menu makanan yang tercipta dari nasi di Indonesia dan makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini paling umum ditemukan di Kalimantan Timur, khususnya di pagi hari guna sarapan.

Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini tercipta dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah laksana santan, kunyit, dan lainnya. Nasi Kuning disajikan dengan sekian banyak  macam lauk laksana telur, ikan, ayam, atau daging lainnya.

Untuk warna kuning yang adalahciri khasnya berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya yang menciptakan Nasi Kuning mempunyai rasa yang enak dibanding nasi putih biasa.

2. Ayam Cincane



Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini melulu akan dihidangkan ketika acara-acara urgen saja laksana pernikahan atau kelahiran, tapi kini menu ini sudah tidak sedikit disediakan di warung-warung santap di Kalimantan Timur.

Bahan utamanya ialah ayam kampung, sebab daging ayam dusun dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya. Daging ayam dusun tersebut diberi bumbu dengan beragam rempah-rempah laksana jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya.

Kemudian dihanguskan di bara api sampai matang atau dapat juga digoreng. Ayam Cincane ini paling nikmat dicicipi dengan nasi putih.

3. Nasi Bekepor



Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya yakni Nasi Bekepor. Komposisi Nasi Bekepor yakni nasi putih yang dibaur dengan rempah-rempah lantas dimasak mengunakan perangkat masak eksklusif khas Kalimantan Timur.

Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor umumnyanya disandingkan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur yakni sejenis sayur asam yang diolah bareng dengan ikan air tawar laksana patin atau gabus dan ubi manis.

4. Sate Payau



Di Kalimantan Timur terdapat satu jenis makanan yang lumayan unik yakni Sate Payau. Sate Payau yakni sate yang tercipta dari daging rusa. Tapi sayang, makanan khas Kalimantan Timur yang satu telah langka, sebab rusa ialah salah satu fauna yang dilindungi.

Tapi, makanan khas yang satu ini masih dapat ditemukan di sekian banyak  acara adat atau pesta rakyat kesenian yang dilangsungkan di provinsi tersebut. Sate Payau ini lumayan enak dan lezat dengan daging rusa yang lembut andai dibanding dengan daging sapi.

5. Amplang



Selanjutnya ialah Amplang yakni sejenis camilan berupa kerupuk dengan format yang unik serupa kuku macan. Makanan ini tercipta dari ikan dan adalahsalah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur.
Walaupun tercipta dari ikan, namun Amplang tidak mempunyai rasa amis, malah kerupuk ini mempunyai rasa yang gurih dan enak.

6. Gence Ruan



Nama makanan khas Kalimantan Timur yang satu tentu asing ditelinga kalian yang bukan orang pribumi Kalimantan Timur. Gence Ruan diciptakan dengan bahan dasar ikan Gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan Haruan.

Ikan Gabus itu ditaburi garam kemudian dihanguskan dengan bara api, setelah dihanguskan ikan Gabus tersebut diguyur dengan tumisan bumbu yang tercipta dari sekian banyak  rempah-rempah laksana bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah lainnya.

7. Bubur Pedas


Sejatinya, makanan ini ialah makanan khas suku Sambas di Kalimantan Barat, tapi dapat juga ditemukan di Kalimantan Timur dan telah menjadi di antara makanan khas favorit untuk warga Kalimantan Timur.

Bubur ini tidak melulu menawarkan rasa pedas, tapi pun rasa rempah-rempah lain, karena Bubur Pedas diubah dengan sekian banyak  macam rempah-rempah laksana jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabe yang menciptakan makanan ini mempunyai cita rasa yang enak.

Nah, itulah sejumlah makanan khas Kalimantan Timur yang tidak kalah enak dan lezat dengan makanan khas dari provinsi lainnya di Indonesia.

0 Comments:

Posting Komentar