Recents in Beach

header ads

10 Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Lezat - Wisata Kuliner Indonesia

Wisata Kuliner Indonesia
10 Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Lezat

Apakah kita mempunyai makanan kesayangan dari wilayah tertentu? Setiap orang pasti mempunyai makanan khas kesayangan dari daerahnya masing-masing.

Bila kita dari Pontianak, barangkali Anda menyenangi makanan khas Pontianak laksana Pengkang atau Sotong Pangkong. Atau barangkali Anda yang berdomisili di Batam menyenangi Mi Lendir. Apapun makanan kesayangan Anda, setiap wilayah pasti mempunyai makanan khas tersendiri yang lezatnya tiada tara.

Nah, kali ini Keluyuran hendak mengajak Anda guna mengenal 10 makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal. Anda tentu tahu cemilan yang namanya cireng, bukan? Nah, cemilan enak tersebut juga berasal dari Jawa Barat, lho. Di samping cireng, provinsi ini pun mempunyai sejumlah makanan khas lainnya yang jangan Anda lewatkan.

1. Nasi Tutug Oncom


Nasi tutug oncom adalahsalah satu makanan khas Sunda yang telah tersohor sampai ke semua Nusantara. Nasi tutug oncom ini ialah menu makanan yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan. Nasi tutug oncom biasa disajikan dalam suasana hangat, sampai-sampai lezatnya lebih terasa.

Nasi tutug oncom ini mempunyai perpaduan rasa yang unik, yaitu asin dan gurih dari oncom serta pulen dan manisnya nasi meningkatkan nikmatnya sajian khas Tatar Sunda ini. Nasi tutug oncom berasal dari Tasikmalaya, tetapi hidangan ini bisa ditemukan di nyaris seluruh distrik di Jawa Barat. Anda telah pernah mencobanya?

2. Opak


Opak ialah makanan khas Jawa Barat yang gampang ditemukan dimana-mana. Opak sendiri memiliki sejumlah varian laksana opak singkong dan opak ketan. Opak singkong adalahopak yang berbahan dasar singkong yang diparut, kemudian dibaur dengan sekian banyak  macam bumbu. Sementara opak ketan sendiri ialah opak yang memakai beras ketan sebagai bahan utamanya.

Opak ketan tercipta dari gabungan beras ketan, air pun kelapa parut dan garam. Semua bahan tadi ditumbuk sampai halus lantas adonannya disusun bulat pipih. Setelah itu, adonan opak dijemur. Bila proses menjemur sudah selesai, opak dapat langsung dimasak dengan teknik digoreng ataupun dibakar.

Opak tidak sedikit ditemukan di sejumlah daerah di Jawa Barat, mulai dari Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Sumedang sampai Kabupaten Kuningan.

3. Surabi


Surabi juga ialah salah satu makanan khas Jawa Barat yang familiar akan kelezatannya. Surabi dipecah menjadi dua varian, yaitu manis dan asin. Surabi asin terdapat dalam sekian banyak  pilihan rasa. Ada surabi rasa oncom sampai telur. Namun kini, semua pemilik kedai atau warung surabi sudah berinovasi dengan menambahkan sekian banyak  macam topping pada sajian tradisional ini. Mulai dari menambahkan sosis hingga keju. Ada pun yang memakai keju mozarella.

Sementara guna surabi manis, seringkali disiram dengan gula merah yang sudah dicairkan. Namun kini, ada surabi manis dengan sekian banyak  pilihan rasa dan topping. Mulai dari surabi durian, surabi cokelat susu sampai surabi dengan meises dan pun keju. Adakah salah satu Anda yang belum pernah mengupayakan surabi?

4. Manisan Pala


Manisan juga ialah salah satu makanan khas Jawa Barat yang menjadi primadona. Salah satunya ialah manisan buah pala. Manisan buah pala seringkali terdiri dari manisan kering dan basah.

Manisan pala diciptakan dengan teknik mengupas buah terlebih dulu, lantas buah pala dicukur sesuai selera, kemudian dimasak dengan teknik direbus dan kemudian diguyur dengan memakai air garam.

Daging buah pala yang sudah direbus dan diguyur air garam lantas direndam dengan air kapur supaya teksturnya tetap terjaga.

Nah, untuk menciptakan manisan pala basah, pala yang telah direndam air kapur tadi dibaur dengan larutan gula pasir mendidih. Lalu lantas ditiriskan. Sementara untuk menciptakan manisan buah pala kering, menurut keterangan dari tempo metodenya hanya dengan menjemur pala basah tadi di bawah sinar matahari hingga mengering sempurna.

Manisan buah pala yang mempunyai cita rasa manis dan asam tetapi tetap segar ini dapat ditemui di Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Barat.

5. Mochi


Selanjutnya, terdapat kue mochi yang adalahkudapan asal Jepang, tetapi menjadi di antara makanan khas di Jawa Barat juga. Khususnya area Sukabumi dan Cianjur. Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, mochi ialah makanan manis berbentuk bulat yang tercipta dari beras ketan yang ditumbuk, hingga adonan menjadi lengket.

Di Indonesia, terutama Jawa Barat, kudapan ini dikemas dengan memakai keranjang bambu dan tidak sedikit dijual oleh saudagar asongan maupun toko oleh-oleh. Mochi di sini seringkali mengandung kacang dan diberi taburan tepung sagu. Rasanya? Sudah tentu lezat dan buat nagih. Hayo, tidak boleh ngiler, ya!

6. Lotek


Apakah kita pernah mencicipi gado-gado? Nah, lotek ini ialah makanan khas Jawa Barat yang tampilannya sangat serupa dengan gado-gado. Makanan ini berisi sejumlah jenis sayuran yang direbus dan diguyur dengan bumbu kacang.

Bedanya, bumbu kacang guna lotek ini kadang-kadang memakai terasi, sementara gado-gado tidak menggunakan terasi. Kadang-kadang penjaja lotek pun menambahkan bakwan, ketupat, telur, dan pun kerupuk. Tingkat kepedasan lotek juga dapat disesuaikan dengan selera kita, lho.

7. Karedok


Satu lagi makanan dari Jawa Barat yang serupa dengan pecel, yaitu karedok. Bedanya dengan lotek, sayur-sayuran yang digunakan untuk menciptakan karedok tidak direbus alias mentah. Jadi, karedok ini lebih layak disebut sebagai salad tradisional. Sayuran pelengkap karedok antara lain ialah tauge, mentimun, kacang panjang, kol, terong, dan daun kemangi.

Bumbu kacang yang melengkapi karedok ini lebih serupa dengan bumbu pecel sebab bahan-bahanya memakai cabe merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, garam, kacang tanah, dan terasi. Anda dapat menyantap karedok secara langsung atau dengan sepiring nasi putih hangat

8. Peuyeum


Makanan dari Jawa Barat tidak saja makanan berat saja, lho. Ada pun cemilan manis dari Jawa Barat yang paling terkenal, yaitu peuyeum. Ini adalahsingkong yang difermentasi sampai-sampai sering juga disebut sebagai tape singkong.

Singkong yang dipakai akan dikukus kemudian ditaburi dengan ragi untuk memicu pertumbuhan jamur pada singkong. Peuyeum dapat Anda temukan dengan mudah saat berjalan-jalan di Bandung dan wilayah lain di Jawa Barat. Peuyeum dapat menjadi makanan pengganjal perut yang buat nagih banget.

9. Cireng





Makanan khas Jawa Barat yang satu ini memang benar-benar terkenal. Apalagi sampai ketika ada begitu tidak sedikit pedagang cireng di luar Jawa Barat. Cireng sendiri sebenarnya ialah cemilan yang murah meriah. Bahan dasar untuk menciptakan cireng ialah tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk.

Jika dulu cireng melulu dimakan dengan sambal atau bumbu kacang, sekarang cireng telah tersedia dalam sekian banyak  rasa. Ada cireng rasa ayam, sapi, sosis, keju, BBQ, dan pun teriyaki. Wah, kreatif sekali ya!

10. Combro dan Misro


Tak kalah enaknya dengan makanan lain. Jika kita penikmat kuliner khas Jawa Barat, usahakanlah cemilan Combro dan Misro. Ini adalahcemilan dengan memakai bahan dasar singkong yang diparut, kemudian disusun melonjong kemudian diberi isian oncom atau gula merah.

Combro sendiri singkatan dari oncom di jero sementara Misro ialah amis di jero. Bagi penyuka cita rasa yang pedas, maka usahakanlah Combro, isian oncom yang nikmat, pedas, dan gurih. Namun, andai Anda lebih menyenangi rasa manis, Misro dapat menjadi opsi cemilan yang menciptakan Anda ngiler!

0 Comments:

Posting Komentar