Recents in Beach

header ads

12 Makanan Khas Batam Yang Bisa Melelehkan Air Liurmu - Wisata Kuliner Indonesia

12 Makanan Khas Batam Yang Bisa Melelehkan Air Liurmu

Batam ialah salah satu kota di propinsi Riau, dan termasuk di antara kota yang lumayan maju di Indonesia. Letaknya paling dekat dengan negara Singapura. Saking dekatnya, bila mau ke Singapura bermukim menyeberang mengunakan kapal feri saja.

Kota Batam pun dikenal sebagai di antara surga melakukan pembelian barang di Indonesia, dimana tidak sedikit barang-barang original maupun KW yang dipasarkan di kota ini dengan harga miring.
Di samping itu, kota Batam pun mempunyai segudang makanan khas yang sayang dilewatkan andai kamu sedang berangjangsana ke kota Batam. Lantas, apa saja makanan khas Batam tersebut? inilah ulasannya

1. Gong-Gong


Makanan khas Batam yang kesatu yakni Gong Gong. Kuliner khas kota Batam ini tercipta dari siput laut yang dimasak dengan teknik ditumis atau direbus, kemudian dibaur dengan bumbu-bumbu khusus.

Gong-Gong ini termasuk di antara menu makanan yang mudah ditelusuri dan diperoleh di kota Batam, karena nyaris semua restoran seafood di kota ini pasti meluangkan menu makanan ini. Gong-Gong ini pun menjadi ikon kuliner kota Batam.

2. Luti Gendang


Makanan khas Batam berikutnya yakni Luti Gendang. Kuliner khas kota Batam yang satu ini berupa kue cemilan yang serupa dengan kroket. Bedanya, kroket dipenuhi dengan ragout, sementara Luti Gendang dipenuhi dengan ikan yang dimasak dengan bumbu.

Luti Gendang pun termasuk makanan yang mudah ditelusuri di kota Batam, biasanya tidak sedikit pedagang kaki lima yang menjajakan kue khas kota Batam ini. Luti Gendang ini lebih nikmat bila dicicipi dalam suasana masih hangat.

3. Bingka Bakar

Sejatinya, Bingka Bakar ini ialah salah satu kue khas kerajaan Melayu. Tapi, karena tidak sedikit dijual di kota Batam, lama-kelamaan, kesudahannya menjadi di antara makanan khas Batam yang tidak sedikit dicari oleh wisatawan.

Di samping itu, Kue ini sering pun dijadikan oleh orang Batam sebagai buah tangan guna keluarga atau kerabat mereka yang sedang di luar kota Batam. Bingka Bakar mempunyai sejumlah varian rasa laksana rasa Strowberry, Cokelat, Keju, dan Pandan.

4. Mie Sagu



Biasanya, Sagu dipakai untuk menciptakan kue, namun sedikit bertolak belakang di Batam, sebab ada di antara makanan khas Batam berupa Mie yang bahan dasarnya tercipta dari Sagu. Namanya yakni Mie Sagu.

Mie Sagu ini mempunyai ukuran sedikit lebih banyak daripada ukuran mie pada umumnya. Di samping itu, wewangian sagu paling pekat pada mie ini. Mie ini biasa dimasak dengan teknik di goreng laksana kwetiau (mie goreng).

5. Sop Ikan Batam



Di sejumlah kota besar Indonesia laksana di Jakarta barangkali sangat mudah mengejar restoran yang memasarkan Sop Ikan Batam, namun lebih nikmat lagi andai kita dapat mencicipi di wilayah asalnya yakni kota Batam.

Makanan khas Batam yang bahan utamanya dari ikan Tenggiri ini ialah menu mesti yang mesti disantap bila berangjangsana ke kota Batam, sebab makanan ini mempunyai citarasa tersendiri. Biasanya, satu mangkok Sop Ikan Batam bakal lebih nikmat bila dicicipi dengan sepiring nasi putih.

6. Mie Tarempa



Di samping Mie Sagu, terdapat satu lagi makanan khas Batam yang berupa mie yakni Mie Tarempa. Bahan utama dari mie ini ialah mie gepeng atau mie yang berbentuk agak lebar. Cara masaknya digoreng dengan sejumlah rempah-rempah.

Yang menciptakan Mie Terempa bertolak belakang dan tidak banyak lebih spesial dibanding dengan mie pada lazimnya yaitu topping-nya dari suwiran ikan tongkol atau kadang pun ditambahkan makanan seafood lainnya yang menabah kelezatan mie ini.

7. Mie Lendir


Di samping Mie Sagu dan Mie Tarempa, ada pun Mie Lendir yang tidak boleh anda lewatkan untuk disantap jika berangjangsana ke kota Batam. Sekilas Makanan khas Batam yang satu ini memang sangat serupa dengan Mie Kocok Aceh atau Mie Khas Medan.

Biasanya, kuahnya tercipta dari kacang tanah dan ubi jalar, lantas disajikan dengan potongan ayam, udang, tauge, bawang goreng dan cabe, sampai-sampai rasanya bakal menjadi kombinasi antara manis, gurih, dan pedas.

8. Bilis Molen



Makanan khas Batam selanjutnya yakni Bilis Molen. Kuliner khas kota Batam yang satu ini berbahan dasar ikan teri dan tepung terigu. Cara pengolahannya, yakni ikan teri dibalut dengan tepung terigu seperti menciptakan Kue Molen, lantas digoreng.

Citarasa kombinasi antara tepung terigu dan ikan terigi ini sungguh gurih dan lezat. Bilis Molen ini dapat dijadikan cemilan seraya bersantai dengan secangkir kopi atau teh, atau dapat juga dicicipi dengan nasi dan lauk lainnya.

9. Kek Pisang Villa



Di samping Bingka Bakar, Kek Pisang Villa pun menjadi di antara makanan khas Batam yang tidak jarang dijadikan oleh-oleh guna dibawa kembali oleh wisatawan. Walaupun bahan dasarnya ialah pisang, namun kue ini memiliki sejumlah varian rasa yang berbeda-beda.

Di samping itu, kue ini pun mempunyai topping yang dapat kamu pilih cocok dengan seleramu, laksana Colekat, Kacang, dan Keju. Oleh Oleh khas Batam ini pun termasuk kue yang gampang dicari, sebab ada tidak sedikit toko yang menjajakan kue ini.

10. Mie Kacang Selat Panjang



Sebenarnya Mie Kacang Selat Panjang ini ialah makanan khas Riau, namun karena tidak sedikit dijual di kota Batam, jadi sayang anda lewatkan guna dicicipi. Makanan ini berupa mie yang diguyur dengan kuah kacang dengan rasa Udang.

Biasanya, Mie Kacang Selat Panjang disajikan dengan tauge, telur, dan tahu. Kalau mengharapkan rasa pedas, anda juga dapat memesannya dengan ekstra irisan cabe.

11. Teh Obeng


Teh Obeng ialah salah satu minuman menyegarkan khas Batam yang lumayan populer. Nama Obeng sendiri berasal dari kata ” o “ dan ” beng “, dimana dalam bahasa Tionghoa, kata ” o “ dengan kata lain kosong, sementara kata ” beng “ dengan kata lain es.
Sekilas, Teh Obeng ini serupa dengan es teh manis pada umumnya, yang membedakannya terletak pada teh yang dipakai dalam penciptaan Teh Obeng tersebut, yang adalahteh pilihan berbobot | berbobot | berkualitas dengan wewangian yang khas.

12. Nasi Lemak

Walaupun sejatinya, Nasi Lemak ini adalahmakanan khas asal negara tetangga yakni Malaysia, tapi anda juga dapat menemukan makanan enak ini di Batam. Soal rasa, tidak kalah enak dengan di lokasi asalnya.

Nasi Lemak ini berasal dari nasi putih berminyak, dimana minyak di nasi putih tersebut, berasal santan kelapa. Biasanya, makanan ini dicicipi untuk sarapan pagi.
Nah, itulah sejumlah makanan khas Batam yang sayang dilewatkan untuk disantap bila berangjangsana ke kota ini. Jadi kapan main ke Batam

0 Comments:

Posting Komentar