Recents in Beach

header ads

10 Minuman Khas Bali, Dari Yang Menyegarkan hingga Yang Memabukan - Wisata Kuliner Indonesia

10 Minuman Khas Bali, Dari Yang Menyegarkan hingga Yang Memabukan

Bali ialah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tidak sedikit tempat wisata yang familiar dengan keindahannya, baik alamnya maupun kebudayaannya. Bahkan nama Bali sudah lumayan dikenal hingga ke manca negara.

Sebagai lokasi wisata yang terkenal, Bali tentunya mempunyai sesuatu yang menarik dan khas yang tidak dipunyai oleh lokasi wisata lainnya, mulai keramahan semua penduduknya hingga makanan dan minuman khas Bali.

Dari segi makanan, Bali memang adalahsalah satu lokasi wisata kuliner yang spektakuler di Indonesia, di antara kuliner yang mesti dicicipi ialah minuman khas Bali. Lantas, minuman apa sajakah itu? inilah ulasannya

1. Es Kelapa Kopyor


Pernah mendengar jenis kelapa kopyor? Kelapa ini dapat dikatakan menarik jika dikomparasikan dengan jenis kelapa pada umumnya, karena daging kelapa ini tetap lembut walaupun telah tua. Nah Es Kelapa Kopyor ialah campuran dari Kelapa Kopyor, sirup, agar-agar, dan es.

2. Tambring



Minuman khas Bali selanjutnya ialah Tambring. Minuman ini nyaris sama dengan Es Kelapa Kopyor, yang memisahkan hanyalah kelapa yang dipakai hanya kelapa muda biasa. Minuman ini berupa serutan kelapa muda yang dibaur dengan asam jawa dan putih telur.

3. Loloh


Loloh, kalau ditafsirkan dalam bahasa Bali berarti “jamu”, namun Loloh bertolak belakang dengan jamu pada umumnya, dimana minuman khas Bali ini mempunyai rasa pedas, manis, asem dan asin dibaur menjadi satu.

Terkadang minuman ini dinamakan Loloh Cemcem sebab berisi daun Cemcem. Minuman ini dipercaya dapat membantu menurunkan desakan darah dan melancarkan percernaan, serta baik pun untuk ibu menyusui.

4. Kopi Bali


Kalau disaksikan secara sekilas, kopi Bali sama laksana kopi pada lazimnya yang dipasarkan dipasaran, namun yang membedakannya yakni proses pembuatannya yang dilaksanakan masih tradisional dengan mengunakan kayu bakar.

Kopi Bali ialah produk kopi olahan rumahan yang memiliki wewangian khas. Kalau anda pencinta kopi, anda harus mencoba menyantap kopi khas bali ini.

5. Brem



Brem ialah salah satu minuman khas Bali yang lumayan terkenal, dan minuman ini tidak jarang disajikan ketika acara-acara tertentu saja. Minuman ini tercipta dari ketan merah yang difermentasi bareng ragi tafe. Jadi Brem ialah minuman khas Bali yang berisi alkohol.

6. Teh Jahe



Sesuai dengan namanya, Teh Jahe adalahminuman teh yang dibaur dengan Jahe. Sedangkan rasanya yakni antara Jahe dan Teh, namun minuman ini paling menyegarkan. Kalau kamu berangjangsana ke Bali, lantas disuguhi teh, namun rasanya agak beda, bisa jadi itu ialah Teh Jahe.

7. Es Bir


Kalau mendengar namanya, barangkali kamu beranggapan ini ialah minuman yang memabukan, anda salah besar! Ternyata Es Bir ialah salah satu minuman khas Bali yang berupa gabungan antara kelapa muda dan perasan jeruk nipis. Minuman ini paling segar dan sesuai diminum ketika siang hari yang panas.

8. Es Daluman



Daluman ialah minuman khas Bali yang nyaris serupa cincau, dalam proses pembuatannya pun nyaris sama dengan penciptaan cincau. Es Daluman diciptakan dari cincau yang dibaur dengan gula merah (sirup merah), santan, lantas dikasih es batu tentunya.

9. Arak Bali


Arak Bali ialah minuman keras khas Bali yang adalahhasil fermentasi dan berisi alkohol. Secara kualitas, Arak Bali tidak kalah dengan minuman keras buatan dari luar laksana anggur atau wine.
Arak Bali tercipta dari tuak kelapa dengan teknik penyulingan. Umumnya Arak Bali disajikan sebagai sajian upacara.

10. Tuak



Untuk mereka yang suka dengan minuman beralkohol tentu kenal dengan minuman keras khas Indonesia ini. di Bali juga ada minuman yang tidak jarang disebut dengan nama “Tuak” ini, namun Tuak Bali cukup dikenal dikalangan semua wisatawan manca negara. Minuman ini diciptakan dari fermentasi beras, nira, atau buah yang berisi gula lainnya.

Nah, itulah sejumlah minuman khas Bali. Kalau berangjangsana ke Bali, tidak boleh lupa untuk menyantap salah satu minuman ini ya.

0 Comments:

Posting Komentar