Recents in Beach

header ads

Daftar Makanan Indonesia yang Sehat, Murah, dan Memanjakan Lidah - Wisata Kuliner Indonesia

Wisata Kuliner Indonesia
Daftar Makanan Indonesia yang Sehat, Murah, dan Memanjakan Lidah

Pertanyaan abadi manusia: ‘Apa sih arti hidup ini?’, ‘Kemana sih kita sesudah mati?’, dan ‘Mau santap di mana?’ Yup, anda memang tidak jarang bingung soal makanan apa yang enaknya anda santap dengan teman-teman. Syarat yang anda pasang tidak sedikit banget: mesti enak, murah, dan — untuk yang sadar kesehatan salah satu kita — mengisi empat sehat lima sempurna.

Makanan macam apa yang mengisi semua kriteria di atas? Banyak! Simak deh susunan mengandung 17 makanan di bawah ini. Kamu nggak butuh bingung lagi mau santap di mana dengan pacar atau teman-temanmu hari ini. Nilai plusnya, mereka juga dapat kamu masak sendiri!

1. Nasi Goreng Telur


Siapa yang tidak kenal nasi goreng? Yap, nasi goreng dapat jadi opsi utama anda ketika mesti masak sendiri. Cara masaknya paling mudah: haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, kemudian tumis. Setelah keluar wewangian harum (hmm..), masukkan nasinya. Tambahkan garam, kecap (kalau anda suka) dan apapun yang anda suka dapat daun bawang atau sayur-sayur lainnya. Terakhir anda tinggal tambahin telur goreng. Jadi deh! Gampang, ‘kan?

2. Mie Goreng


Kalo kamu jenuh sama nasi, kamu dapat mengubah bahan dasar makananmu jadi mie. Nah, teknik memasak mie goreng ini juga nyaris sama saja laksana masak nasi goreng. Bedanya bumbu dasarnya di samping bawang putih, bawang merah, kamu pun harus memasukkan tidak banyak merica dan kemiri guna rasa yang lebih mantap. Selanjutnya terserah kamu. Kamu dapat tambahkan telur, sawi, wortel, cabai, tauge, daun bawang, potongan kecil ayam, atau sosis. Berkreasilah apapun cocok dengan seleramu.

3. Sup


Bukan melulu menghangatkan, namun sup pun adalahmakanan yang menyehatkan. Karena pada lazimnya sup mengandung sayur – sayuran yang berbagai macam warna dan kandungan nutrisinya. Hal yang butuh anda lakukan hanyalah menumis bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah tersebut kamu masukkan air atau kaldu ayam lantas masukkan sayur–sayuran laksana wortel, kubis, kentang, buncis, jamur kuping, jagung atau sayur lainnya.

4. Perkedel kentang


Biasanya menu ini muncul sebagai rekan setia sup. namun perkedel pun nikmat guna dimakan bareng sambal atau saus botol. Cara membuatnya paling mudah. Pertama, bahas dan potong kecil-kecil kentang, goreng dan haluskan. Haluskan pun bawang putih, bawang merah, tidak banyak merica yang telah ditumis. Lalu goreng sampai kecoklatan. Perkedel baik guna menyuplai keperluan energimu sebab terbuat dari kentang yang kaya karbohidrat.

5. Capcay


Capcay pun mempunyai bahan dasar yang mudah yaitu sayur – sayuran laksana sawi putih, sawi hijau, dan bunga kol, serta ekstra sayuran lainnya. Bagi adonan tepungnya, kamu dapat goreng tepung yang sudah diberi bumbu atau potongan kecil ayam. Tumis bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan, setelah tersebut masukkan seluruh sayur, tambahkan saos sambal dan tidak banyak saos kecap andai suka. Capcay paling bernutrisi sebab kaya bakal kandungan gizi dalam sayurannya.

6. Telur Balado


Ini nih buat anda ngaku suka sama makanan pedas. Karena anda harus menghemat maka tidak terdapat salahnya jka mengubah bahan dasar makanan yang tadinya ayam atau ikan menjadi telur. Jangan salah, kandungan protein dalam telur lumayan tinggi sampai-sampai baik untuk regenerasi sel dan pertahanan tubuhmu. Mau buat sekarang?

Caranya mudah haluskan bawang putih, bawang merah, dan pun cabai merah (campurkan dengan cabai rawit bila kamu suka pedas). Lalu haluskan juga sejumlah buah tomat. Tumis bumbu, sesudah matang lantas tumis tomat, masukkan tidak banyak garam dan gula pasir. Dan terakhir masukkan telur yang sudah anda ceplok atau rebus. O iya, anda juga dapat ganti telur dengan tahu, tempe atau terong yang telah digoreng terlebih dahulu.

7. Tempe Penyet


Kelanjutan makanan pedas lainnya. Ini ialah cara termudah santap sehat, enak, murah dan gampang. Kamu tahu tempe tercipta dari apa? Yak, benar sekali, tempe tercipta dari kedelai dan oleh karena tersebut kandungan protein dalam tempe menjangkau 20% dari beratnya. Yuk bikin, metodenya kamu melulu perlu menggoreng tempe, tahu, terong, atau makanan lainnya yang anda suka, kemudian sisihkan. Setelah tersebut buat sambal bawang. Jangan lupa guna menyajikannya dengan nasi yang masih hangat.

8. Teri sambal


Ketika kondisi finansial tidak lagi membuatmu dapat menjangkau makanan mahal, tidak terdapat salahnya kita berpindah pada perpaduan rasa simpel nan sehat yang lumayan menggoda. Cobalah menu ikan teri atau ikan kering asin yang digoreng kering dipadu dengan sekian banyak  jenis sambal(bisa sambal bawang, tomat, kecap, terasi atau sambal apapun kesukaanmu) atau dimasak dengan sambal secara bersamaaan. Walaupun sederhana, teri mempunyai kandungan protein dan kalsium yang lumayan tinggi, begitu pun kandungan vitamin C yang tinggi dalam cabai yang kamu pakai untuk sambal. Bagi pecinta pedas, opsi yang satu ini jangan dilewatkan.

9. Sayur asam


Sayur asem meniliki kandungan gizi yang pelbagai karena mempunyai bahan yang beragam – macam. Bahannya bisa dengan mudah anda dapatkan dari selama yaitu melulu jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu dan terong. Tinggal rebus air dalam panci, masukkan asam, garam, gula, dan irisan bawang secukupnya. Masukkan sayur – sayur lainnya. Mudah ‘kan? Nikmati sayur asammu bareng tempe goreng dan sambal.

10. Gado gado


Kalaupun anda nggak punya duit, bukan berarti anda bisa berdalih untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Coba buat gado-gado aja. Tinggal siapkan sayuran laksana selada, kentang, tauge, kubis atau cari sayuran berharga oleng lainnya. Lalu beli bumbu kacang kemasan hemat yang memang telah tersedia guna mebuat gado-gado. Rebus kentang, potong-potong kemudian potong seluruh sayuran lainnya. Satukan dalam bumbu kacang. Hmmm…enak ‘kan?

Nah, sesudah tadi barisan makanan bercita rasa Nusantara, nggak terdapat salahnya bila kita eksplorasi pun makanan dari negeri-negeri lain. Yuk, lanjut cek susunan makanan-makanan menggoda ini.

11. Panekuk


Siapa tidak suka dengan pancake? Teksturnya yang lembut, wewangian butter dan susu. Hmm.. Kalau anda nggak terlampau laper namun tetap hendak makan camilan manis yang enak dengan perkiraan terbatas, saran terbaik merupakan: santap panekuk! Kamu melulu perlu mengoleksi bahan-bahan laksana tepung terigu, susu cair, dan mentega, maka anda sudah mengisi tiga keperluan dasar menciptakan pancake. Aduk sampai lembut ketiga bahan tadi, tambahkan tidak banyak gula dan garam. Tuang tidak banyak demi tidak banyak diatas pan anti lengket. Setelah tersebut terserah kamu, kamu dapat oleskan madu, selai cokelat, atau selai strawberry, atau kamu dapat juga tambahkan potongan pisang di atas tumpukan pancake lezatmu.

12. Spaghetti


Ini murah lho. Jangan salah, bahan utamanya hanya pasta, tomat, kaldu ayam, bawang putih, bawang bombai dan oregano. FYI, ini menciptakan spaghetti mempunyai kandungan vitamin C dan A yang lumayan tinggi. Untuk menciptakan saosnya (agar lebih sehat dan hemat) kamu dapat rebus tomat, kemudian hilangkan kulit dan bijinya, lantas haluskan. Setelah tersebut tumis bumbu dan masukkan tomat dan oregano. Rebus pasta dan tuang saosnya. Dan bila kamu punya perkiraan berlebih, kamu dapat juga menambahkan potongan sosis atau taburan keju. Yummy!

13. Jamur Crispy


Walaupun memang sudah lumayan mudah mengejar jamur goreng disekitar kita, bakal lebih irit kalau anda membuatnya sendiri bukan? Camilan ini lumayan sehat sebab jamur mempunyai kandungan nutrisi yang lumayan tinggi dalam protein dan karbohidratnya. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah mencampurkan jamur kedalam tepung yang telah dibumbui, kemudian goreng sampai garing. Nikmati dengan saus cabai atau sambal favoritmu.

14. Sandwich


Makanan ini akan menciptakan harimu lebih berenergi. Di samping enak, makanan ini juga mudah dibuat. Siapkan dua potong roti tawar, selipkan telur goreng di tengahnya, masukan pun potongan tomat, timun dan taburkan tidak banyak saja garam, lada, pun sedikit saus bila kamu suka.

15. Puding


Puding tersebut enak dan kaya serat. Masak supaya agar dan jelly, campurkan dengan susu atau buah-buahan. Masukkan ke dalam cetakan, nikmati puding dinginmu dengan fla.

16. Chocolate Ball


Kamu suka cokelat? Oke, Ikuti teknik gampang santap coklat yang enak ini. Hancurkan secara kasar sejumlah biskuit kering, bikin mengepal dengan susu kental manis. Selanjutnya celupkan kedalam cokelat yang telah dilelehkan,taburi kacang atau sprinkles lainnya, dinginkan dan masukkan ke dalam kulkas sekitar setengah jam. Enjoy your chocolate balls!

17. Smoothies


Lapar namun pingin minuman sehat dan menyegarkan? Ayo buat smoothies aja!
Pilih buah yang anda suka (stroberi, pisang, alpukat, apel, jeruk, mangga, dll) kemudian tambahkan yoghurt atau susu cair, masukkan tidak banyak madu atau gula cocok selera. Kemudian haluskan dengan sejumlah potong es batu.

Jadi gimana, udah menilai rencana mau santap atau masak apa? Semoga susunan tadi dapat memberikan tidak banyak inspirasi. Selamat makan! 😉

0 Comments:

Posting Komentar