Recents in Beach

header ads

5 Resep Sate Maranggi Empuk Bumbu Asli Purwakarta Cianjur Sunda - Wisata Kuliner Indonesia

Wisata Kuliner Indonesia
5 Resep Sate Maranggi Empuk Bumbu Asli Purwakarta Cianjur Sunda

5 Daftar Resep Sate Maranggi Empuk Khas Purwakarta dan Cianjur Dengan Daging Sapi, Kambing dan Ayam. Lengkap dengan teknik membuat bumbu sate maranggi pribumi khas Sunda. Serta teknik membuat sambal oncom dan sambal kecap spesial yang mengundang selera.

Sate Maranggi ialah salah satu resep masakan daging sapi dean domba yang dihanguskan atau dipanggang dengan bumbu khas Sunda. Jenis masakan sate ini tidak sedikit ditemukan di wilayah Jawa Barat, khususnya kota Purwakarta dan Cianjur yang memang familiar akan kelezatan masakan tersebut. Berbeda dengan jenis sate madura, sate solo, sate padang ataupun lainnya, daging sapi yang sudah dicukur di rendam di dalam bumbu sate maranggi hingga meresap sempurna. Karena proses perendaman berikut yang menciptakan citarasa resep sate maranggi ini menarik dan terasa lezat hingga didalam dagingnya. Apalagi kalu memakai bumbu sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur.

Selain teknik membuat sate maranggi yang berbeda, citarasa yang muncul pun berbeda, yakni tidak melulu gurih daging plus ketumbar dan manisnya kecap tetapi pun pedas dan asam. Bumbu sate maranggi ini memang bertolak belakang dengan resep sate daging sapi atau resep sate domba yang dipasarkan di wilayah lain. Selain tersebut ada perbedaan yang dapat dibilan menarik dan menarik. Yang sangat unik masyarakat selama menikmatinya tidak melulu dengan nasi atau lontong, tetapi pun menggunakan uli bakar dan ketan lho.

Ciri Khas Resep Sate Maranggi

Kalau disaksikan sekilas memang ragam resep masakan sate dari sekian banyak  daerah di negara anda ini serupa dan tidak bertolak belakang jauh. Padahal kalau dicari lebih dalam, masing masing resep tersebut memiliki ciri kahs tersendiri. Contohnya sate tegal yang tercipta dari domba muda, sate solo dengan karakteristik sambal dan olesan kecapnya. Begitu pun dengan resep sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur ini.

Perbedaan yang sangat terlihat dari sate khas wilayah Jawa Barat ini tentunya ialah citarasanya. Citarasa dri daging yang dipanggang atau dibakarnya terasa begitu lembut dan lezat. Memang bertolak belakang dengan lainnya, bumbu sate maranggi memang lebih meresap dan direndam lebih lama bareng dagingnya. Berbeda dengan yang lainnya yang seringkali hanya direndam sesaat sebelum daging sapi, ayam atau domba nya dibakar. Selain tersebut citarasa asam khas asam jawa yang dipakai untuk bumbunya memang terasa lebih nikmat dan unik.

Perbedaan Sate Maranggi Purwakarta dan CianjurNamanya sih sebetulnya sama, namun ternyata resep sate maranggi cianjur dan purwakarta bertolak belakang lho. Meskipun sekilas kalau disaksikan dari satenya tersebut sendiri tidak bertolak belakang tetapi sebetulnya kedua resep masakan sate khas Jawa Barat ini berbeda. Yang sangat kelihatan pasti saja masa-masa penyajiannya. Yang di wilayah Purwakarta seringkali hanya disajikan dengan sambal kecap tomat dan opsi bumbu kacang. Sedangkan bila teman teman menyantap hidangan khas Cianjur ini seringkali disajikan dengan sambal oncom yang khas.

Selain tersebut yang Cianjur pun penyajiannya bertolak belakang karena memakai ketan atau uli bakar. Kalau di Purwakarta di samping daging sapi kita dapat menemukan sate maranggi kambing. Sedangkan bila di Cianjur melulu tersedia resep sati maranggi sapi tanpa ada opsi daging kambing. Penasaran bagaimana lezatnya bumbu maranggi dipadu dengan wewangian bakaran daging sapi, domba atau ayam? Simak ragam bumbu, bahan dan acara menciptakan sate maranggi spesial inilah ini ya.

1. Resep Sate Maranggi Purwakarta Asli


Walaupun di wilayah cikampek, cianjur dan wilayah sekitarnya tidak sedikit juga ditemukan penjaja sate ini. Tetapi yang sangat terkenal dan teringat pasti saja Purwakarta. Resep sate maranggi Purwakarta memang familiar bahkan sampai semua Indonesia. Tidak menyeluruh rasanya memang mampir di wilayah tersebut tanpa menyantap kelezatan resep masakan daging sapi ini. Apalagi bila dinikmati bareng dengan acar dan sambal kecapnya (resep dibawah). Buat yang jauh dan rindu bakal masakan ini, silahkan menyaksikan bumbu dan teknik membuat sate maranggi khas Purwakarta dibawah ini.
bumbu sate maranggi purwakarta asli
Bahan Sate :
  1. Bahan utama ialah daging sapi unsur tenderloin atau has dalam tidak cukup lebih sejumlah 1/2 kg.
  2. Kalau suka dapat ditambah sedikit pun lemak sapi secukupnya di tengah tengah tusukan satenya nanti.
  3. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 5 hingga 6 sendok makan.
  4. Air asam jawa yang kental secukupnya atau tidak cukup lebih sejumlah 3 sendok makan.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya cocok selera.
  6. Tusuk sate secukupnya cocok kebutuhan.
  7. Bahan Bumbu Sate Maranggi Purwakarta
  8. Bawang putih ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 2 pcs.
  9. Bawang merah ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 5 pcs.
  10. Lengkuas muda ukuran sedan tidak cukup lebih sepanjang 2 cm saja.
  11. Kencur ukuran sedang tidak cukup lebih sepanjang 2 cm juga.
  12. Ketumbar secukupnya atau kuran lebih sejumlah 1 sendok makan.
  13. Merica butiran secukupnya atau tidak cukup lebih sejumlah 1/4 sendok kecil.
  14. Buah cabai besar tidak cukup lebih sejumlah 1 pcs, cuci bersih kemudian belah dan keluarkan biji cabainya.
  15. Jahe ukuran sedang tidak banyak saja atau tidak cukup lebih sejumlah sepanjang 1 cm saja.

Cara Membuat Sate Maranggi:
  1. Pertama siapkan daging sapinya kemudian potong potong format kotak cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 1.5 cm saja kemudian sisihkan.
    Selanjutnya anda akan menciptakan bumbu guna marinasi dan merendam daging diatas.
    Haluskan dan uleg bawang merah, putih, jahe, lengkuas, kencur dan bumbu maranggi lainnya hingga halus.
    Ambil wadah lantas masukkan bumbu tadi bareng kecap manis dan air asamnya kemudian aduk aduk hingga benar benar tercampur sempurna.
  2. Masukkan potongan daging tadi lantas aduk aduk hingga tercampur rata.
    Diamkan dan masukkan kedalam lemari pendingan agar bumbu sate purwakartanya meresap tidak cukup lebih sekitar 30 menit hingga 120 menit.
  3. Setelah meresap masukkan kedalam tusukan sate dan tata dengan apik sampai habis.
    Siapkan bakaran arang atau juga dapat menggunakan grill diatas kompor.
    Bakar hingga sesekali dibalik dan diolesi dengan saldo bumbu marinasi tadi hingga matang.
    Ulangi sampai berakhir dan siap guna disajikan bareng dengan sambal kecapnya.
2. Resep Sate Maranggi Kambing


Selain memakai sapi, anda juga dapat menggunakan ragam bumbu sate maranggi diatas dengan daging domba lho. Karakteristik daging domba yang gurih memang pas sekali kalau dibaur dengan dibakar bareng dengan bumbu sate khas Sunda tersebut. Tetapi sebab memang daging domba ini lain dengan sapi, maka sebelum dicelupkan dan dimarinasi dengan bumbunya mesti diubah dahulu.

Setelah dicukur potong kotak, rekan teman dapat membungkusnya dengan daun pepaya dahulu agar nanti lunak daging satenya. Bagi bumbunya dapat disamakan dengan daging sapi diatas.
maranggi domba empuk
3. Resep Sate Maranggi Cianjur


Kalau disaksikan sekilas di satenya, kedua resep sate maranggi khas Purwakarta dan Cianjur memang tidak terdapat bedanya. Tetapi kalau dialami memang jelas terasa bumbu sate maranggi Cianjur lebih terasa wewangian ketumbarnya. Selain tersebut rata rata penjaja di wilayah cianjur melulu menyajikan daging sapi tanpa ada opsi daging domba seperti yang di wilayah Purwakarta.


Bahan :
  1. Bahan utama ialah daging sapi tenderloin atau has dalam yang sudah dicukur kotak kotak kecil tidak cukup lebih sejumlah 300 gram.
  2. Lemak sapi atau gajih bila suka agar lebih gurih dqan harum yang sudah dicukur kotak pun kurang lebih sejumlah 100 hingga 150 gram.
  3. Ketumbar halus tidak cukup lebih sejumlah 1.5 sendok makan.
  4. Gula merah yang telah disisir hingga halus cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 1.5 sendok kecil.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 1 sendok kecil.
  6. Kecap kental manis kualitas bagus secukupnya atau tidak cukup lebih sejumlah 3 sendok makan.
  7. Minyak goreng baru secukupnya cocok kebutuhan.
Cara Masak Sate Maranggi Khas Cianjur
  1. Pertama ambil wadah lantas masukkan gula merah, ketumbar halus dan garam dapurnya kemudian aduk aduk hingga rata.
  2. Masukkan minyak goreng atau margarain cair tidak cukup lebih sejumlah 1.5 sendok kecil bareng dengan kecap manis kemudian aduk aduk hingga tercampur rata.
    Masukkan potongan daging sapi dan lemak sapi bila pakai lantas aduk aduk di gabungan bumbu tadi hingga merata.
Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan agar meresap paling tidak selama 30 menit.
Keluarkan lantas masukkan potongan dagong dan gajih tadi kedalam tususkan sate hingga habis.
Siapkan bakaran lantas bakar sate diatas seraya sesekali dibalik dan diolesi dengan saldo bumbunya.
Setelah matang siap disajikan bareng dengan sambal oncom (resep dibawah) guna hidangan bareng keluarga.


4. Resep Sate Maranggi Ayam


Umumnya memang oran mengenal sate maranggi ini diciptakan menggunakan daging sapi atau daging kambing. Padahal kelezatan khas bumbu sate maranggi dapat kita buat pun lho memakai daging ayam. Sama laksana resep sate ayam dan resep sate taichan yang pun populer.

Cara menciptakan sate maranggi ayam ini gak lain jauh kok dengan yang versi daging sapi atau sate kambing. Bahkan rekan teman juga dapat menggunakan bumbu diatas untuk menciptakan sate ayam khas Purwakarta ini.

bumbu sate maranggi ayamTetapi di samping bumbu diatas tersebut teman rekan juga dapat menggunakan bumbu resep sate maranggi yang lebih sederhana. Paling terdapat bumbu yang tidak banyak dikurangi dicocokkan dengan selera dan kareteristik daging ayam yang memang lebih lembut daripada daging fauna berkaki empat lainnya.
Bahan Yang Dibutuhkan :
  • Bahan kesatu ialah daging ayam segar unsur dada yang sudah dicukur kotak kotak sedang tidak cukup lebih sejumlah 1/2 kg.
  • Tusuk sate secukupnya cocok kebutuhan.
  • Mentega atau margarin secukupnya cocok kebutuhan.
  • Kecap manis secukupnya guna bahan olesan nantinya.
  • Bahan Bumbu Maranggi Ayam
  • Bawang putih ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 6 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 10 pcs.
  • Kemiri secukupnya atau tidak cukup lebih sejumlah 4 pcs.
  • Madu kualitas bagus secukupnya cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 2 sendok makan.
  • Ketumbar secukupnya cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 1 sendok makan.
  • Lengkuas ukuran sedang tidak cukup lebih sepanjang 1 ruas jari dewasa.
  • Kecap manis kental secukupnya cocok selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya cocok selera.
  • Cara buat sate maranggi ayam
  • Pertama haluskan dan uleg bawang putih, merah, merica, lengkuas, kemiri, ketumbar dan garam dapur beryodium hingga halus.
  • Masukkan madu tidak cukup lebih sejumlah 2 sendok dan kecap manis secukupnya kedalam bumbu diatas kemudian aduk aduk hingga rata.
  • Masukkan potongan dada ayam lantas aduk aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan ayam yang dibumbuin tadi kedalam lemari kulkas dan biarkan hingga meresap kedalamnya. Lebih lama lebih bagus tetapi paling tidak sekitar 60 menit telah enak.
  • Ambil tusuk sate kemudian masukkan potongan daging ayam tadi dan tata dengan apik sampai habis.
  • Tuang di wadah atau piring margarin dan kecap manis secukupnya kemudian aduk aduk hingga rata guna olesan.
  • Siapkan bakarannya lantas olesi dengan bahan olesan diatas dan bolak balik hingga matang merata.
  • Ulangi sampai berakhir dan siap guna disajikan bareng sambalnya.


5. Resep Acar Tomat
Salah satu karakteristik dari resep sate maranggi Purwakarta ialah acar tomatnya. Ya bertolak belakang dengan acar biasa yang tercipta dari ketimun, acar ini tercipta dari potongan tomat. Tomat tersebut dibaur dengan cuka, cabai dan diperbanyak sedikit garam dan gula sebagai pelengkap.
Bahan :

  • Tomat segar ukuran besar tidak cukup lebih sejumlah 1 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar tidak cukup lebih sejumlah 3 pcs.
  • Buah cabai rawit secukupnya cocok selera atau tidak cukup lebih sejumlah 4 hingga 6 pcs.
  • Cuka santap secukupnya cocok kebutuhan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya cocok selera.
  • Gula pasir secukupnya cocok selera masing masing.
Cara membuat acar tomat :
  1. Pertama cuci bersih tomat dan buah cabai yang bakal digunakan.
  2. Selanjutnya iris iris dan potong bawang merah, buah cabai dan tomat hingga habis.
  3. Masukkan cuka makan bareng dengan gula pasir dan garam dapur secukupnya cocok selera.
  4. Aduk aduk hingga rata kemudian masukkan di lemari kulkas sejumlah saat dan siap guna digunakan.

0 Comments:

Posting Komentar